Sabtu, 02 Maret 2013

5 Cara Mendapatkan Pekerjaan Baru pada Tahun 2013

5 Cara Mendapatkan Pekerjaan Baru pada Tahun 2013

Ilustrasi perempuan menyiapkan resume kerja
Ilustrasi perempuan menyiapkan resume kerja (sumber: 1001sampleresumes)
Resume yang memperlihatkan potensi Anda sangatlah utama.

Menurut sebuah survei baru oleh Right Management, 86 persen karyawan yang mengikuti jajak pendapat mengatakan mereka merencanakan untuk mencari pekerjaan baru pada tahun 2013 – pertambahan 26 persen poin sejak tahun 2009.

“Akan ada kenaikan pencarian pekerjaan dari Januari hingga Maret ketika resolusi Tahun Baru dibuat. Bahkan akan makin tinggi tahun ini karena banyak perusahaan yang mengurangi jumlah karyawan dan banyak karyawan yang kembali mempertanyakan posisi mereka saat ini,” kata Amanda Augustine, pakar pencari pekerjaan dari TheLadders, sebuah jasa pencarian pekerjaan online.

Meski Desember biasanya tak banyak terjadi wawancara dan pengangkatan karyawan, Augustine mengatakan para pencari kerja bisa menggunakan waktu untuk merefleksi, mempersiapkan diri, dan bersiap mencari kontak. Nah jika Anda menjadi bagian dari mereka yang ingin mendapatkan pekerjaan baru pada tahun 2013, berikut lima tips yang bisa mengantarkan Anda mendapatkan pekerjaan.

1. Sewa penulis resume profesional
Para pencari kerja 40 persennya cenderung akan diperhatikan ketika resume-nya ditulis secara profesional. Sayangnya kebanyakan kandidat tidak memikirkan untuk meminta bantuan jasa penulis profesional. “Sangat sulit menjadi objektif ketika Anda bicara tentang kehidupan Anda sendiri, dan karenanya lebih baik mendapatkan orang yang objektif yang mengetahui sejumlah istilah dalam dunia pekerjaan secara tepat,” kata Augustine.

2. Sering-seringlah mencari nama Anda di Google
Dari survei para pencari kerja, lebih dari 35 persen orang mencari namanya sendiri di Google sekali dalam setahun, dan 16 persen tidak pernah mencari namanya sendiri. Augustine mengatakan kehadiran digital seorang kandidat menjadi sangat penting untuk secara konsisten memonitor hasil pencarian tentang Anda dan sekaligus menyesuaikannya dengan citra profesional Anda. Ini berarti Anda harus merevisi profil Anda, dan merevisi pengaturan privacy di situs media sosial personal Anda.

3. Memahami empat situs sosial ternama
Augustine mengatakan sangat penting untuk memiliki pemahaman dasar tentang empat situs paling banyak dikunjungi saat ini, yaitu Twitter, Facebook, LinkedIn, dan Pinterest. Tidak hanya membantu untuk riset dan membentuk jaringan, situs-situs ini juga bisa membangun label profesional Anda. Berbagilah berita-berita tentang industri yang relevan dengan pekerjaan Anda untuk memperlihatkan pengetahuan dan kemampuan Anda.

4. Carilah peran Anda
Kehadiran secara personal dan online adalah penting. Riset memperlihatkan bahwa orang menilai kompetensi dan kepercayaan Anda dalam seperempat detik dari saat pertama kali memandang Anda. Karena perekrut dan manajer SDM cenderung melihat foto Anda lewat online sebelum memanggil Anda untuk wawancara, Augustine merekomendasikan untuk memperbarui semua profil media sosial Anda dengan format foto headshot yang profesional.

5. Jadilah pengguna ponsel cerdas
Menurut 75 persen responden, memiliki ponsel cerdas bisa mendatangkan pengaruh positif bagi pencarian kerja Anda. “Teknologi mobile menjadikan Anda menjadi lebih responsive dan bisa mendatangkan keuntungan dalam pencarian kerja,” kata Augustine. Ia menganjurkan untuk menyimpan salinan resume Anda di ponsel Anda, sehingga Anda bisa dengan cepat mengirimkannya ke perusahaan yang potensial.
sumber : http://www.beritasatu.com/karier/87981-5-cara-mendapatkan-pekerjaan-baru-pada-tahun-2013.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar